Saturday, October 8, 2016

RPP Announcement PBL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : MAN TANJUNG REDEB
Kelas/Semester                : X / 1
Mata Pelajaran                 : BAHASA INGGRIS
Topik                               : Teks Fungsional Pendek Berbentuk Announcement
Waktu                              : 2 × 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI.3.  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.    KD Pada KI 1
1.1.            Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    KD  Pada KI 2
2.2.            Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.    KD Pada KI 3
3.8.            Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.    KD Pada KI 4
4.11    Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12    Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan  
    sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
    kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi.
1.      Indikator KD pada KI 1
Menekankan kesungguhan dalam belajar bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Indikator KD pada KI 2
Membiasakan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
3.      Indikator KD pada KI 3
Menemukan Fungsi Sosial teks announcement
Menemukan struktur teks announcement
Menganalisis unsur kebahasaan dari teks Announcement

4.      Indikator KD pada KI 3
Mengidentifikasi makna teks pemberitahuan ( announcement )
Membuat teks tulis announcement sederhana

D.    Materi Pembelajaran 
Teks berbentuk Announcement
Teks lisan dan tulis sederhana dalam bentuk announcement
Fungsi sosial
Menjalin hubungan antar pribadi dengan teman dan guru.

Materi
Definition of Announcement
Announcement is something that someone says in official, giving information about something, or when someone announces something.
1. Tujuan adanya announcement :   
·         To Announce about something/news to public                                                 
·         To Inform about something/news to public                                          
2. The  characteristics of announcement
The title or type of event
Date and time
Place
Contact person
3.                   Bentuk Announcement Berupa : 
Writen          Berupa Tulisan
Speech          Berupa Perkataan

4. Unsur kebahasaan:
(1) Kata terkait dengan teks announcement
(2) Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
(3) Kata tanya What? Who? Which?
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(5) Rujukan kata



Teks announcement

To : All Member Of School Science Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person

Ella

Materi pengayaan :
ANNOUNCEMENT
                        To All the teachers and staff of SMKN 2 Tangerang
A one-day meeting will be held this week :

Time                : Thuesday, 9th December 2012 at 10 a.m  to 3p.m
Place                : Teacher's Room
Topic               : National Examination preparation
       Due the importance of the meeting,please be panctual.Bring your ideas, bring your sugestions, to make our students succesful in this examination.
                                                            The head of the national examination committee

Materi remedial :
Teks announcement

To : All Member Of School Science Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person

Ella

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam
b.   Memberikan motivasi dan apersepsi
c.    Menyampaikankan tujuan pembelaaran

2.      Kegiatan Inti
Kompetensi Dasar
:
3.8.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12.Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan   sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Topik
:
 Pengumuman (Announcement)
Sub Topik
:
 Pengumuman ditempat umum
Tujuan
:
1.      Menunjukan sikap sungguh –sungguh dalam belajar Bahasa Inggris
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam memahami fungsi sosial , struktur dan unsur kebahasaan teks announcement
3.      Menyusun/membuat  announcement
4.      Memahami makna announcement  baik secara lisan maupun tulis.
Alokasi Waktu
:
 2 x 45 JP

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Penentuan Pertanyaan Mendasar
       Peserta didik diminta untuk mengamati teks announcement yang ditampilkan
       Peserta didik diminta membuat pertanyaan untuk mengemukakan rasa ingin tahunya tentang announcement
       How to make a good announcement?
       How to arrange the announcement?
       What kinds of announcement?
2.      Mendesain Perencanaan Proyek(Design a Plan for the Project)
  Guru mengajak peserta didik untuk merencanakan sebuah proyek membuat announcement
  Peserta didik mengumpulkan informasi tentang jenis announcement yang pernah dilihat
  Peserta didik mengasosiasi informasi yang diperoleh sehingga dapat membuat announcement secara kolaboratif dengan guru agar mereka merasa “memiliki” atas proyek tersebut.
  Peserta membuat aturan penyelesaian proyek, misalnya:
1.   Dilakukan secara berkelompok
2.   Waktu kegiatan melakukan perancangan
3.   Mempelajari sumber-sumber yang diperlukan untuk membuat announcement
3.      Menyusun Jadwal (Create a Schedule)



       Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek.
Contoh jadwal dalam membuat announcement:
Jadwal
Rencana Kegiatan
Perancangan proyek (Tatap Muka )
-     Mengkaji konsep pembuatan announcement
-     Merancang jenis announcement
-     Melaporkan rancangan announcement
Pelaporan proyek (tatap muka 2)
-     Melaporkan hasil pembuatan announcement
       Peserta didik mengomunikasikan hasil rancangan announcement dan jadwal proyek di depan kelas
       Guru memberikan masukan kepada peserta didik terhadap rancangan proyek.
4.       Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek

       Peserta didik melaksanakan proyek membuat announcement bersama-sama kelompoknya.
       Peserta didik mencatat data hasil proyek.
       Selama penyelesaian proyek, guru memonitor aktivitas yang penting dari peserta didik, menanyakan masalah-masalah yang ditemui pada saat membuat announcement
       Peserta didik membuat laporan proyek
5.      Menguji Hasil


       Peserta didik menkomunikasikan hasil proyek membuat announcement  di depan kelas.
       Guru menilai laporan rancangan pembuatan announcement
       Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru berkaitan dengan pembuatan announcement.
       Guru memberikan saran-saran untuk perbaikan pembuatan announcement
6.      Refleksi/Mengevaluasi Pengalaman
       Peserta didik diminta untuk mengungkapkan pengalamannya selama menyelesaikan proyek.
       Pada akhir proses pembelajaran, guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas selama merancang dan membuat announcement
       Guru dan peserta didik mengembangkan diskusi untuk memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru (new inquiry) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran. 

3.    Kegiatan Penutup
a.    Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.   Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

F.      PERANCANGAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN

1.      Observasi
Lembar obsevasi sikap

Mata pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester     : X/1
Topik/Subtopik     : Announcement (Teks fungsional pendek berbentuk announcement)
Indikator               : Peserta didik Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


No
Nama Siswa
Aktif

Disiplin
Percaya diri
bertanggung jawab
Jumlah Skor
1.
Didik





Dst
Dst












Catatan:
1. jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan 
2. jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan 
3. jika  sering berperilaku  dalam kegiatan 
4. jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan

2.      Penilaian Diri (Praktik)

Topik : Teks Fungsional Pendek                                                          Nama   : (Kelompok)
                                                                                                            Kelas   : ..........

Setelah belajar tentang announcement berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya

No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Sudah memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks announcement


2
Dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks announcement


3
Dapat menyusun / membuat teks announcement dengan baik


4
Dapat menjelaskan tujuan teks announcement yang dibuat



Catatan : skor  Ya=2 , Tidak= 1

3.      Penilaian Diri (Tugas / Projek)

Tugas : Membuat teks fungsional Pendek announcement                          Nama         : (kelompok)
                                                                                                               Kelas            : ..........

No
Pernyataan
YA
TIDAK
1
Selama   melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok


2
Saya  mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta


3
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang


4
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas


5
Saya Membuat laporan setelah diskusi dengan temen satu kelompok


Catatan : skor  Ya=2 , Tidak= 1

4.      Penilaian Antar Peserta Didik/Teman Sebaya (Peer Assessment)

Penilaian antar peserta didik

Topik/Subtopik      : Membuat announcement Nama Teman Yang Dinilai      : ............
Tanggal Penilaian   : ...............                         Nama Penilai                           : .............

-          Amati prilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran bahasa ingris
-          Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatan
-          Serahkan hasil pengamatnmu kepada guru
No
Perilaku
Dilakukan/Muncul
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Mau bekerja sama dengan semua teman


5
Menghargai Pendapat teman



5.      Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.      Soal Uraian
2.       
Attention, please!
There will be a story reading contest in Samarinda. The contest will be held on Wednesday, 25 February 2015. Related to this case, the school will hold a selection on Monday, 9 February 2015. For those who are interested, please register your name to Reza, X3, before 7 February 2015.
Good luck!
1. What will there be in Samarinda?
2. When will the contest be held?
3. Where will the selection be held?
4. Related to this case, ....
What does this “case” mean?
5 What’s the purpose of the text?
6.      Instrumen Penilaian Keterampilan
1.      Unjuk Kerja/Praktik
Topik/Subtopik            : teks fungsional pendek announcment
KI 3                 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4                 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KD 3.8             : Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya
KD 4.11           : Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
KD 4.12           : Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan  
                       sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
                       kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

2.      Penilaian Tes Praktik

No
Nama
Persiapan
Pelaksanaan
Kegiatan Akhir
Jumlah Skor
1.
Didik




2.
Dst

















Rubrik
A/3      Good
B/2       Enough
C/1      Less

G.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Media/Alat
a.         Media         :      PPT, LKS
b.         Alat            :      Laptop,  LCD Projector, pointer
2.      Bahan
3.      Sumber Belajar
a.       Sudarwati, Th.M, dkk. 2007. Look ahead Book 1. Jakarta:Erlangga.
b.   Priyana, joko. 2008. Interlanguage : English for Senior High school Students X . Jakarta: Pusat Perbukuan
c. Internet
                                                                                                Berau, 15 November 2015
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                          Bahasa Inggris
                                                                                   

Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd                                   Ma’ruf, S.Pd.I
NIP.196908041997031003                                        NIP.198103212011011003

No comments:

Post a Comment