RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan          :
MAN
TANJUNG REDEB 
Kelas/Semester                :
X
/ 1
Mata Pelajaran                 :
BAHASA
INGGRIS 
Topik
                              : Teks
Fungsional Pendek Berbentuk Announcement
Waktu                              : 2 × 45 menit
A.    Kompetensi
Inti 
KI 1.  Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
KI.2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI.3.  Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.    
Kompetensi
Dasar 
1.    KD
Pada KI 1
1.1.           
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    KD 
Pada KI 2
2.2.           
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.    KD Pada KI 3
3.8.           
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.   
KD Pada KI 4
4.11    Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
4.12    Menyusun teks tulis pemberitahuan
(announcement), sangat pendek dan   
   
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
   
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.   
Indikator
Pencapaian Kompetensi.
1.     
Indikator KD
pada KI 1
Menekankan kesungguhan dalam belajar bahasa
inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     
Indikator KD
pada KI 2
Membiasakan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
3.     
Indikator KD
pada KI 3
Menemukan Fungsi Sosial teks announcement
Menemukan struktur teks announcement
Menganalisis unsur kebahasaan dari teks Announcement
4.     
Indikator KD
pada KI 3
Mengidentifikasi
makna teks pemberitahuan ( announcement )
Membuat teks tulis announcement sederhana
D.   
Materi
Pembelajaran  
Teks berbentuk Announcement
Teks lisan dan tulis sederhana dalam bentuk announcement 
Fungsi sosial
Menjalin hubungan
antar pribadi dengan teman dan guru.
Materi
Definition of
Announcement
Announcement is
something that someone says in official, giving information about something, or
when someone announces something.
1. Tujuan adanya
announcement :    
·        
To Announce about something/news to public 
                                               
·        
To Inform about something/news to
public                                          
2. The  characteristics of announcement
The title or
type of event
Date and time
Place
Contact person
3.                  
Bentuk Announcement Berupa :  
Writen          Berupa Tulisan
Speech          Berupa
Perkataan
4. Unsur
kebahasaan: 
(1) Kata terkait dengan
teks announcement
(2) Kata kerja dalam
simple present tense: be, have dalam simple present tense
(3) Kata tanya What?
Who? Which?
(4) Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi 
(5) Rujukan kata
Teks announcement
To : All Member Of School Science Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person
Ella
Materi pengayaan :
ANNOUNCEMENT
                        To All the teachers and staff of
SMKN 2 Tangerang
A one-day meeting will be held
this week :
Time                : Thuesday, 9th December 2012 at
10 a.m  to 3p.m
Place                : Teacher's Room
Topic               : National Examination preparation
       Due the importance of the meeting,please be panctual.Bring
your ideas, bring your sugestions, to make our students succesful in this
examination.
                                                            The head of the national
examination committee
Materi remedial :
Teks announcement
To : All Member Of School Science
Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
Ps : Please come on time
Chair Person
Ella
E.    
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran 
1.   
Kegiatan
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam
b.  
Memberikan
motivasi dan apersepsi 
c.   
Menyampaikankan
tujuan pembelaaran
2.      Kegiatan Inti
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
3.8.Menganalisis fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
  penggunaannya. 
4.11.Menangkap makna pemberitahuan (announcement). 
4.12.Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek
  dan   sederhana, dengan memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
  konteks. 
 | 
 
| 
   
Topik 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
 Pengumuman (Announcement) 
 | 
 
| 
   
Sub Topik 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
 Pengumuman ditempat umum 
 | 
 
| 
   
Tujuan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Menunjukan sikap sungguh –sungguh dalam belajar Bahasa Inggris 
2.      Menunjukkan
  perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam memahami
  fungsi sosial ,
  struktur dan unsur kebahasaan teks announcement 
3.      Menyusun/membuat  announcement 
4.      Memahami makna announcement  baik secara lisan maupun tulis. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
 2 x 45 JP 
 | 
 
| 
    
TAHAP PEMBELAJARAN 
 | 
   
    
KEGIATAN
   PEMBELAJARAN 
 | 
  ||||||
| 
   
1.     
  Penentuan Pertanyaan Mendasar 
 | 
  
   
•      
  Peserta didik diminta untuk mengamati teks announcement yang ditampilkan 
•       Peserta didik diminta membuat
  pertanyaan untuk mengemukakan rasa ingin tahunya tentang announcement  
•      
  How to make
  a good announcement? 
•      
  How to
  arrange the announcement? 
•      
  What kinds
  of announcement? 
 | 
 ||||||
| 
   
2.     
  Mendesain Perencanaan Proyek(Design a Plan for the Project) 
 | 
  
   
•  Guru mengajak peserta didik untuk
  merencanakan sebuah proyek membuat announcement  
•  Peserta didik mengumpulkan informasi
  tentang jenis announcement yang pernah dilihat  
•  Peserta didik mengasosiasi informasi
  yang diperoleh sehingga dapat membuat announcement secara kolaboratif dengan
  guru agar mereka merasa “memiliki” atas proyek tersebut.  
•  Peserta membuat aturan penyelesaian
  proyek, misalnya:  
1.  
  Dilakukan secara berkelompok 
2.  
  Waktu kegiatan melakukan perancangan  
3.  
  Mempelajari sumber-sumber yang diperlukan untuk membuat announcement 
 | 
 ||||||
| 
   
3.     
  Menyusun Jadwal (Create a
  Schedule) 
 | 
  
   
•      
  Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek.  
Contoh jadwal dalam membuat announcement: 
 
•      
  Peserta didik mengomunikasikan hasil rancangan announcement dan jadwal
  proyek di depan kelas 
•      
  Guru memberikan masukan kepada peserta didik terhadap rancangan proyek. 
 | 
 ||||||
| 
   
4.     
   Memonitor
  peserta didik dan kemajuan proyek 
 | 
  
   
•      
  Peserta didik melaksanakan proyek membuat announcement bersama-sama
  kelompoknya.  
•      
  Peserta didik mencatat data hasil proyek.  
•      
  Selama penyelesaian proyek, guru memonitor aktivitas yang penting dari
  peserta didik, menanyakan masalah-masalah yang ditemui pada saat membuat announcement
   
•      
  Peserta didik membuat laporan proyek  
 | 
 ||||||
| 
   
5.     
  Menguji Hasil 
 | 
  
   
•      
  Peserta didik menkomunikasikan hasil proyek membuat announcement  di depan kelas.  
•      
  Guru menilai laporan rancangan pembuatan announcement  
•      
  Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru
  berkaitan dengan pembuatan announcement.  
•      
  Guru memberikan saran-saran untuk perbaikan pembuatan announcement  
 | 
 ||||||
| 
   
6.     
  Refleksi/Mengevaluasi Pengalaman 
 | 
  
   
•      
  Peserta didik diminta untuk mengungkapkan pengalamannya selama
  menyelesaikan proyek.  
•      
  Pada akhir proses pembelajaran, guru dan peserta didik melakukan refleksi
  terhadap aktivitas selama merancang dan membuat announcement  
•      
  Guru dan peserta didik mengembangkan diskusi untuk memperbaiki kinerja
  selama proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan
  baru (new inquiry) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada tahap pertama
  pembelajaran.   
 | 
 
3.    Kegiatan Penutup
a.    Guru dan siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
b.   Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran.
d.   Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
F.      PERANCANGAN
PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN
1.      Observasi 
Lembar obsevasi
sikap 
Mata
pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester     : X/1
Topik/Subtopik     : Announcement (Teks fungsional pendek
berbentuk announcement)
Indikator               : Peserta didik
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama
  Siswa 
 | 
  
   
Aktif 
 | 
  
   
Disiplin 
 | 
  
   
Percaya
  diri 
 | 
  
   
bertanggung jawab 
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Didik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Dst 
 | 
  
   
Dst 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Catatan:
1. jika 
tidak pernah berperilaku  dalam
kegiatan  
2. jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan  
3. jika 
sering berperilaku  dalam
kegiatan  
4. jika selalu  berperilaku 
dalam kegiatan
2.      Penilaian
Diri (Praktik)
Topik
: Teks Fungsional Pendek                                                          Nama   : (Kelompok)
                                                                                                   
        Kelas   : ..........
Setelah belajar tentang announcement
berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya
| 
   
No 
 | 
  
   
Pernyataan 
 | 
  
   
YA 
 | 
  
   
TIDAK 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Sudah memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
  kebahasaan teks announcement 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
  kebahasaan teks announcement 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Dapat menyusun /
  membuat teks announcement dengan baik 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Dapat menjelaskan tujuan teks announcement yang dibuat 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
Catatan
: skor  Ya=2 , Tidak= 1
3.     
Penilaian Diri (Tugas / Projek)
Tugas : Membuat teks fungsional Pendek announcement                          Nama         :
(kelompok)
                                                                                                              
Kelas            : ..........
| 
   
No 
 | 
  
   
Pernyataan 
 | 
  
   
YA 
 | 
  
   
TIDAK 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Selama   melakukan tugas kelompok
  saya bekerjasama dengan teman satu kelompok 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Saya  mencatat data dengan teliti
  dan sesuai dengan fakta 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang
  mendukung tugas 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Saya Membuat laporan
  setelah diskusi dengan temen satu kelompok 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
Catatan : skor  Ya=2 , Tidak= 1
4.      Penilaian
Antar Peserta Didik/Teman Sebaya (Peer
Assessment) 
Penilaian
antar peserta didik
Topik/Subtopik      : Membuat
announcement Nama Teman Yang Dinilai      : ............
Tanggal Penilaian   : ...............                         Nama Penilai                           :
.............
-         
Amati
prilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran bahasa ingris
-         
Berikan
tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatan
-         
Serahkan
hasil pengamatnmu kepada guru
| 
   
No 
 | 
  
   
Perilaku 
 | 
  
   
Dilakukan/Muncul 
 | 
 |
| 
   
Ya 
 | 
  
   
Tidak 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
Mau
  menerima pendapat teman 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Memaksa
  teman untuk menerima pendapatnya 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Memberi
  solusi terhadap pendapat yang bertentangan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Mau
  bekerja sama dengan semua teman 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Menghargai Pendapat teman 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
5.     
Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.      Soal
Uraian
2.       
Attention,
please!
There will be a story reading contest in Samarinda. The contest will be held on Wednesday, 25 February 2015.
Related to this case, the school will hold a selection on Monday, 9 February 2015. For
those who are interested, please register your name to Reza, X3, before 7 February 2015. 
Good luck! 
1. What
will there be in Samarinda?
2. When
will the contest be held? 
3. Where will the
selection be held?
4. Related to this
case, .... 
What does
this “case” mean? 
5 What’s the
purpose of the text?
6.      Instrumen
Penilaian Keterampilan
1.      Unjuk
Kerja/Praktik
Topik/Subtopik            : teks fungsional pendek announcment
KI 3                 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4                 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KD 3.8             : Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya
KD 4.11           : Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
KD 4.12           : Menyusun teks tulis pemberitahuan
(announcement), sangat pendek dan   
   
                   sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur 
   
                   kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
2.      Penilaian
Tes Praktik
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Persiapan  
 | 
  
   
Pelaksanaan  
 | 
  
   
Kegiatan Akhir  
 | 
  
   
Jumlah Skor 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Didik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Dst 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Rubrik
A/3      Good
B/2       Enough
C/1      Less
G.   
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran 
1.      Media/Alat
a.        
Media         :      PPT,
LKS
b.        
Alat            :      Laptop,  LCD Projector, pointer
2.      Bahan
3.      Sumber Belajar
a.       Sudarwati,
Th.M, dkk. 2007. Look ahead Book 1.
Jakarta:Erlangga.
b.   Priyana, joko. 2008. Interlanguage : English for Senior High school Students X .
Jakarta: Pusat Perbukuan
c. Internet
                                                                                                Berau, 15 November 2015
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                          Bahasa Inggris
Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd                                   Ma’ruf, S.Pd.I
NIP.196908041997031003                                        NIP.198103212011011003
No comments:
Post a Comment