RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :  MAN TANJUNG REDEB
Mata Pelajaran            :  BAHASA INGGRIS
Kelas/ Semester           :  X/1
Alokasi Waktu            : 
2X45 Menit
A.    Kompetensi Inti:
| 
   
KI 1 
 | 
  
   
:  
 | 
  
   
Menghayati dan
  mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
 | 
 
| 
   
KI 2 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menghayati dan
  mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
 | 
 
| 
   
KI 3 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami,
  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, deskriptif al
  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
  kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
  menerapkan pengetahuan deskriptif al pada bidang kajian yang spesifik sesuai
  dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah 
 | 
 
| 
   
KI 4 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
  konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
  keilmuan 
 | 
 
B.       Kompetensi Dasar 
1.      KD pada KI 1
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.      KD pada KI 2
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab   dalam      
       melaksanakan
Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.      KD pada KI 3
3.8. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks  
       pemberitahuan
(announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.      KD pada KI 4
4.11. Menangkap makna
pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan 
         sederhana dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
         kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Indikator KD pada KI 1
·        
Menekankan kesungguhan dalam belajar bahasa inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.      Indikator KD pada KI 2
·        
Membiasakan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab   dalam
melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.      Indikator KD pada KI 3
·        
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
4.      Indikator KD pada KI 4
·        
Mengidentifikasi makna announcement
·        
Membuat teks announcement sesuai dengan
unsur kebahasaan
D.  Materi Pembelajaran
Materi Fakta 
Teks tulis berbentuk announcement
(pemberitahuan)
Materi konsep
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa,
kepala sekolah, dan staf administrasi
Materi Prinsip
Ungkapan
yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Materi Prosedur
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan
dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016
to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and
many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!
For More
Information contact our Osis chairperson
Materi Pengayaan
Don’t forget to bring a
dictionary in next English lesson
Everybody must have a dictionary
because we will read a story
No excuse to student who don’t
bring the dictionary.
It is used to help you in
learning English
Thank you
Miss Ratna
Materi Remidial
ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016
to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and
many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!
For More
Information contact our Osis chairperson
To: All Member Of Sciences Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
PS : Please come on time
Chair Person
Claudia
Berikut ini adalah soal dari announcement diatas
1. The Text above is to announcement… to the member of the school sciences club.
2. Where Does the meeting take place…
3. The agenda of this meeting is Finalizing the Research Report. The Underline Word Means…
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
PS : Please come on time
Chair Person
Claudia
Berikut ini adalah soal dari announcement diatas
1. The Text above is to announcement… to the member of the school sciences club.
2. Where Does the meeting take place…
3. The agenda of this meeting is Finalizing the Research Report. The Underline Word Means…
Jawaban dari Soal di atas:
1. The Regular Meeting.
2. At the physics laboratory.
3. Finishing
1. The Regular Meeting.
2. At the physics laboratory.
3. Finishing
E.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran      
1.     
Pendahuluan ( 10 menit)
Pertemuan Pertama
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Deskripsi 
 | 
  
   
Alokasi waktu 
 | 
 
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
a.     
  Membuka pelajaran dengan salam 
b.     
  Guru
  memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran,  kerapihan pakaian,
  tempat duduk dan melakukan
  game kecil atau mengajak bernyanyi. 
c.      
  Guru
  mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok. 
d.     
  Peserta didik dan guru bertanya jawab
  berkaitan dengan teks fungsional pendek. 
e.      
  Peserta didik menyimak tujuan
  pembelajaran dan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
mengorientasi peserta didik pada
  masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, membimbing penyelidikan
  mandiri, mengembangkan dan menyajikan, analisis dan evaluasi 
 | 
  
   
Mengorientasi peserta didik pada masalah 
1.      Peserta didik
  membaca pengumuman dalam berbagai sumber. 
2.      Peserta didik
  membacakan contoh-contoh pengumuman dengan nyaring 
Melakukan observasi,
  peserta didik: 
3.      Dengan bimbingan
  dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri pengumuman (fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan). 
Merumuskan masalah 
4.      Peserta didik
  merumuskan masalah: 
Bagaimana ciri-ciri pengumuman, (fungsi sosial, struktur teks,
  dan unsur kebahasaan) dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang
  santun. 
5.     
  Dengan bimbingan dan arahan guru,
  peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan antara pengumuman yang ada
  dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. 
6.      Peserta didik menyatakan dan menanyakan ungkapan
  yang digunakan pada pengumuman dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. 
7.     
  Peserta didik membandingkan kalimat
  yang digunakan dalam pengumuman dengan ungkapan-ungkapan lainnya. 
8.      Peserta didik
  membandingkan antara kalimat pengumuman dalam bahasa Inggris dengan kalimat
  pengumuman dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia. 
9.      Peserta didik
  menyatakan dan menanyakan tentang kalimat/ungkapan yang digunakan dalam iklan
  berbahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. 
10.  Peserta didik
  menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat
  pengumuman dalam jurnal belajarnya. 
Menyimpulkan 
11. Peserta didik Menjelaskan cara membuat pengumuman secara tertulis
  sedangkan peserta didik yang lain menilainya. 
 | 
  
   
65 menit 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.     
  Peserta didik menyimpulkan materi yang
  telah dipelajari 
2.      Peserta didik
  merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
  penguasaan materi. 
3.      Peserta didik
  melakukan evaluasi pembelajaran. 
4.      Peserta didik
  saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai. 
5.      Peserta didik
  menyepakati tugas portofolio yang harus dilakukan berkaitan dengan pengumuman
  secara lisan. 
 | 
  
   
20 menit 
 | 
 
F.    
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian :
1.     
Penilaian
Proses
| 
    
No 
 | 
   
    
Aspek yang dinilai 
 | 
   
    
Teknik Penilaian 
 | 
   
    
Waktu Penilaian 
 | 
   
    
Instrumen Penilaian 
 | 
   
    
Keterangan 
 | 
  
| 
   
1. 
 | 
  
   
Religius 
 | 
  
   
Pengamatan 
 | 
  
   
Proses  
 | 
  
   
Lembar
  Pengamatan  
 | 
  
   
Hasil
  penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama
  dan Guru PKn 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Tanggung jawab 
 | 
 ||||
| 
   
3. 
 | 
  
   
Peduli  
 | 
 ||||
| 
   
4. 
 | 
  
   
Responsif 
 | 
 ||||
| 
   
5. 
 | 
  
   
Santun 
 | 
 
2.     
Penilaian Hasil
| 
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Penilaian 
 | 
  
   
Instrumen 
 | 
 
| 
   
Menemukan
  ide umum dalam teks 
 | 
  
   
Tes tertulis 
 | 
  
   
Isian  
 | 
  
   
1.     
  what is the topic of the
  text? 
 | 
 
| 
   
Menemukan
  pokok pikiran dalam teks 
 | 
  
   
Tes tertulis 
 | 
  
   
Isian  
 | 
  
   
2.      What is the main idea of the
  text? 
 | 
 
| 
   
Menemukan
  informasi tertentu dalam teks  
Menemukan preference 
 | 
  
   
Tes tertulis 
 | 
  
   
Isian 
 | 
  
   
3.      Who is
  announcement for ? 
4.      When the
  competition will be held? 
5.      Where does
  the competition take place? 
 | 
 
| 
   
Membuat
  karangan teks deskriptif  tentang
  lingkungan sekolah 
 | 
  
   
Unjuk kerja 
 | 
  
   
Keterampilan tertulis 
 | 
  
   
6.     
  Creat announcement about osis
  agenda.  
 | 
 
Pedoman Penskoran
1.       
Soal
essay
| 
   
Diskripsi 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap
  dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap
  dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
5 
 | 
 
| 
   
Siswa memahaman teks secara akurat, tidak
  lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Siswa kurang memahaman teks secara akurat,
  lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Siswa kurang memahaman teks secara akurat,
  tidak lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa tidak memahaman teks secara akurat,
  tidak lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan 
 | 
  
   
1 
 | 
 
| 
   
SKOR MAKSIMAL 
 | 
  
   
6 
 | 
 
2.        
Soal
nomor 6
| 
    
No. 
 | 
   
    
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai 
 | 
   
    
Tingkat 
 | 
   
    
Skor 
 | 
  
| 
   
1. 
 | 
  
   
Isi 
·    
  Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar;
  amat sesuai dengan kutipan. 
·    
  Memahami;  luas
  dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci. 
·    
  Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang
  terjabar; kurang terinci. 
·    
  Tidak memahami isi; tidak mengena. 
 | 
  
   
Amat baik 
Baik 
Sedang 
Kurang 
 | 
  
   
27 – 30 
22 – 26 
17 – 21 
13 – 16 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Kosakata dan
  Diksi 
·    
  Amat
  luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan
  kata amat tepat. 
·    
  Luas;
  penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat. 
·    
  Terbatas;
  kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang
  tepat. 
·    
  Seperti
  terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata. 
 | 
  
   
Amat baik 
Baik 
Sedang 
Kurang 
 | 
  
   
18 –20 
14 – 17 
10 – 13 
7 - 9 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Bahasa
  (Tata Bahasa dan Struktur) 
·     
  Amat
  menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan
  kalimat dan kata-kata. 
·     
  Penggunaan
  dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa
  mengaburkan makna. 
·     
  Kesulitan
  dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang
  mengaburkan makna. 
·     
  Tidak
  menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif. 
 | 
  
   
Amat baik 
Baik 
Sedang 
Kurang 
 | 
  
   
22 – 25 
18 – 21 
11 – 17 
5 – 10  
 | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Penulisan
  (Ejaan dan Tanda Baca) 
·     
  Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan. 
·     
  Menguasai
  kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan. 
·     
  Kurang
  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan. 
·     
  Tidak
  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca. 
 | 
  
   
Amat baik 
Baik 
Sedang 
Kurang 
 | 
  
   
5 
4 
3 
2 
 | 
 
| 
   
5. 
 | 
  
   
Kerapian 
·     
  Terbaca, bersih dan rapi. 
·     
  Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi. 
·     
  Terbaca,
  tidak bersih dan tidak rapi. 
·     
  Tidak
  terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi. 
 | 
  
   
Amat baik 
Baik 
Sedang 
kurang 
 | 
  
   
5 
4 
3 
2 
 | 
 
1.   
InstrumenPenilaian      
a.     
Pertemuan  (Format terlampir)
1)     Sikap spiritual               :    Lembar Observasi
2)     Sikap social                   :    Lembar Observasi
3)     Pengetahuan                 :    isian /jawaban  singkat /uraian
4)     Keterampilan                :    Lembar  Penilaian Tertulis
2.   
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.     
Remedial (Format terlampir)
b.     
Pengayaan (Format terlampir)
G.   
Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat
a.        
Media         :      PPT 
b.        
Alat            :      Laptop,  LCD Projector, Pointer
2.      Bahan
3.      Sumber Belajar
a.       Sudarwati, Th.M, dkk. 2007. Look ahead Book 1. Jakarta:Erlangga.
b.   Priyana, joko.
2008. Interlanguage : English for Senior
High school Students X . Jakarta: Pusat Perbukuan
c.      
Moch.
Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA Kelas X. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
                                                                                                Berau, 15 November 2015
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                           Bahasa Inggris
 Ali Muttaqin Syuryanto                                                    Ma’ruf,
S.P.I
 NIP. 1969080419970311003                                         NIP. 198103212011011003
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester                        : X/1
Tahun Ajaran               :-
Waktu Pengamatan      : -
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun 
1.     
 Skor 1 jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan
tugas
2.     
Skor 2 jika menunjukkan
sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum konsisten 
3.     
Skor 3  jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai konsisten
4.     
Skor 4 jika menunjukkan
adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan
konsisten
Bubuhkan tanda V pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
| 
   
No. 
 | 
  
   
Nama
  Siswa 
 | 
  
   
Religius 
 | 
  
   
Tanggug jawab 
 | 
  
   
Peduli 
 | 
  
   
Responsif 
 | 
  
   
Santun 
 | 
 |||||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 ||
| 
   
1. 
 | 
  
   
Didik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
dst 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
... 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Keterangan
1                   
=
kurang
2                   
=
sedang
3                   
=
baik
4                   
=
sangat baik
Lampiran
1
LEMBAR
PENILAIAN KETRAMPILAN PRAKTIK
| 
    
No 
 | 
   
    
Name 
 | 
   
    
Isi 
 | 
   
    
Kosakata dan Diksi 
 | 
   
    
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur) 
 | 
   
    
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca) 
 | 
   
    
Kerapian 
 | 
   
    
Score 
 | 
  |
| 
   
1. 
 | 
  
   
Didik 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
2. 
 | 
  
   
Latif 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
... 
 | 
  
   
dst 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
No comments:
Post a Comment