Saturday, October 8, 2016

RPP Kurikulum 13 Announcement



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :  MAN TANJUNG REDEB
Mata Pelajaran            :  BAHASA INGGRIS
Kelas/ Semester           :  X/1
Alokasi Waktu            :  2X45 Menit
A.    Kompetensi Inti:
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, deskriptif al berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan deskriptif al pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
1.      KD pada KI 1
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      KD pada KI 2
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab   dalam      
       melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.      KD pada KI 3
3.8. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks  
       pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      KD pada KI 4
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan
         sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
         kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               



C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Indikator KD pada KI 1
·         Menekankan kesungguhan dalam belajar bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Indikator KD pada KI 2
·         Membiasakan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab   dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3.      Indikator KD pada KI 3
·         Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
4.      Indikator KD pada KI 4
·         Mengidentifikasi makna announcement
·         Membuat teks announcement sesuai dengan unsur kebahasaan
D.  Materi Pembelajaran
Materi Fakta
Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)

Materi konsep
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan staf administrasi

Materi Prinsip
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut.

Materi Prosedur
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi

ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016 to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!

For More Information contact our Osis chairperson




Materi Pengayaan
Don’t forget to bring a dictionary in next English lesson
Everybody must have a dictionary because we will read a story
No excuse to student who don’t bring the dictionary.
It is used to help you in learning English
Thank you
Miss Ratna
Materi Remidial
ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016 to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!

For More Information contact our Osis chairperson


To: All Member Of Sciences Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
PS : Please come on time
Chair Person
Claudia

Berikut ini adalah soal dari announcement diatas
1. The Text above is to announcement… to the member of the school sciences club.
2. Where Does the meeting take place…
3. The agenda of this meeting is Finalizing the Research Report. The Underline Word Means…
Jawaban dari Soal di atas:
1. The Regular Meeting.
2. At the physics laboratory.
3. Finishing


E.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.      Pendahuluan ( 10 menit)
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.      Membuka pelajaran dengan salam
b.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran,  kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
c.       Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
d.      Peserta didik dan guru bertanya jawab berkaitan dengan teks fungsional pendek.
e.       Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
10 menit
Inti
mengorientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, membimbing penyelidikan mandiri, mengembangkan dan menyajikan, analisis dan evaluasi
Mengorientasi peserta didik pada masalah
1.      Peserta didik membaca pengumuman dalam berbagai sumber.
2.      Peserta didik membacakan contoh-contoh pengumuman dengan nyaring

Melakukan observasi, peserta didik:
3.      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri pengumuman (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Merumuskan masalah
4.      Peserta didik merumuskan masalah:
Bagaimana ciri-ciri pengumuman, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
5.      Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan antara pengumuman yang ada dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
6.      Peserta didik menyatakan dan menanyakan ungkapan yang digunakan pada pengumuman dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
7.      Peserta didik membandingkan kalimat yang digunakan dalam pengumuman dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
8.      Peserta didik membandingkan antara kalimat pengumuman dalam bahasa Inggris dengan kalimat pengumuman dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
9.      Peserta didik menyatakan dan menanyakan tentang kalimat/ungkapan yang digunakan dalam iklan berbahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
10.  Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat pengumuman dalam jurnal belajarnya.

Menyimpulkan
11. Peserta didik Menjelaskan cara membuat pengumuman secara tertulis sedangkan peserta didik yang lain menilainya.
65 menit




















Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.      Peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran.
4.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.      Peserta didik menyepakati tugas portofolio yang harus dilakukan berkaitan dengan pengumuman secara lisan.
20 menit

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian :
1.      Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun



2.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menemukan ide umum dalam teks
Tes tertulis
Isian
1.      what is the topic of the text?
Menemukan pokok pikiran dalam teks

Tes tertulis
Isian
2.      What is the main idea of the text?
Menemukan informasi tertentu dalam teks
Menemukan preference
Tes tertulis
Isian
3.      Who is announcement for ?
4.      When the competition will be held?
5.      Where does the competition take place?
Membuat karangan teks deskriptif  tentang lingkungan sekolah
Unjuk kerja
Keterampilan tertulis
6.      Creat announcement about osis agenda.

Pedoman Penskoran
1.        Soal essay
Diskripsi
Skor
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
6
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
5
Siswa memahaman teks secara akurat, tidak lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
4
Siswa kurang memahaman teks secara akurat, lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
3
Siswa kurang memahaman teks secara akurat, tidak lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
2
Siswa tidak memahaman teks secara akurat, tidak lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
1
SKOR MAKSIMAL
6

2.         Soal nomor 6

No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang

27 – 30

22 – 26
17 – 21
13 – 16
2.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik
Baik
Sedang

Kurang

18 –20
14 – 17

10 – 13
7 - 9
3.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


22 – 25

18 – 21

11 – 17

5 – 10
4.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang
Kurang

5
4

3
2
5.
Kerapian

·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

5
4
3
2

1.    InstrumenPenilaian     
a.      Pertemuan  (Format terlampir)
1)     Sikap spiritual               :    Lembar Observasi
2)     Sikap social                   :    Lembar Observasi
3)     Pengetahuan                 :    isian /jawaban  singkat /uraian
4)     Keterampilan                :    Lembar  Penilaian Tertulis
2.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial (Format terlampir)
b.      Pengayaan (Format terlampir)
G.    Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat
a.         Media         :      PPT
b.         Alat            :      Laptop,  LCD Projector, Pointer

2.      Bahan
3.      Sumber Belajar
a.       Sudarwati, Th.M, dkk. 2007. Look ahead Book 1. Jakarta:Erlangga.
b.   Priyana, joko. 2008. Interlanguage : English for Senior High school Students X . Jakarta: Pusat Perbukuan
c.       Moch. Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

                                                                                                Berau, 15 November 2015
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                           Bahasa Inggris
                                                                                   

 Ali Muttaqin Syuryanto                                                    Ma’ruf, S.P.I
 NIP. 1969080419970311003                                         NIP. 198103212011011003























Lampiran 1 Lembar Pengamatan

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X/1
Tahun Ajaran               :-
Waktu Pengamatan      : -
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.       Skor 1 jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      Skor 2 jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum konsisten
3.      Skor 3  jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai konsisten
4.      Skor 4 jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggug jawab
Peduli
Responsif
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Didik




















2.
dst




















...






















Keterangan
1                    = kurang
2                    = sedang
3                    = baik
4                    = sangat baik







Lampiran 1

LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN PRAKTIK

No
Name
Isi
Kosakata dan Diksi
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
Kerapian
Score







1.
Didik






2.
Latif






...
dst



















No comments:

Post a Comment