RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN TANJUNG REDEB
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/ Semester : X/1
Alokasi Waktu :
2X45 Menit
A. Kompetensi Inti:
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, deskriptif al
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan deskriptif al pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI 1
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2. KD pada KI 2
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan
Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3. KD pada KI 3
3.8. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemberitahuan
(announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4. KD pada KI 4
4.11. Menangkap makna
pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan
sederhana dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI 1
·
Menekankan kesungguhan dalam belajar bahasa inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2. Indikator KD pada KI 2
·
Membiasakan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman
3. Indikator KD pada KI 3
·
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
4. Indikator KD pada KI 4
·
Mengidentifikasi makna announcement
·
Membuat teks announcement sesuai dengan
unsur kebahasaan
D. Materi Pembelajaran
Materi Fakta
Teks tulis berbentuk announcement
(pemberitahuan)
Materi konsep
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa,
kepala sekolah, dan staf administrasi
Materi Prinsip
Ungkapan
yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Materi Prosedur
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan
dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016
to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and
many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!
For More
Information contact our Osis chairperson
Materi Pengayaan
Don’t forget to bring a
dictionary in next English lesson
Everybody must have a dictionary
because we will read a story
No excuse to student who don’t
bring the dictionary.
It is used to help you in
learning English
Thank you
Miss Ratna
Materi Remidial
ATTENTION PLEASE!
Our school will have Some Competition that will be held on 17 August 2016
to celebrate Indonesian’s Independence day. There are Running, swimming, and
many other competition.
Registration will be held on 10th-15th August at Osis room.
Free Registration and full of prize!
For More
Information contact our Osis chairperson
To: All Member Of Sciences Club.
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
PS : Please come on time
Chair Person
Claudia
Berikut ini adalah soal dari announcement diatas
1. The Text above is to announcement… to the member of the school sciences club.
2. Where Does the meeting take place…
3. The agenda of this meeting is Finalizing the Research Report. The Underline Word Means…
Dear Member
The Regular meeting our school science club will be every Monday and Wednesday, at the physics laboratory after school.
The Agenda of this meeting is finalizing the research report.
PS : Please come on time
Chair Person
Claudia
Berikut ini adalah soal dari announcement diatas
1. The Text above is to announcement… to the member of the school sciences club.
2. Where Does the meeting take place…
3. The agenda of this meeting is Finalizing the Research Report. The Underline Word Means…
Jawaban dari Soal di atas:
1. The Regular Meeting.
2. At the physics laboratory.
3. Finishing
1. The Regular Meeting.
2. At the physics laboratory.
3. Finishing
E. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan ( 10 menit)
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Membuka pelajaran dengan salam
b.
Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
tempat duduk dan melakukan
game kecil atau mengajak bernyanyi.
c.
Guru
mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
d.
Peserta didik dan guru bertanya jawab
berkaitan dengan teks fungsional pendek.
e.
Peserta didik menyimak tujuan
pembelajaran dan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
mengorientasi peserta didik pada
masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajaran, membimbing penyelidikan
mandiri, mengembangkan dan menyajikan, analisis dan evaluasi
|
Mengorientasi peserta didik pada masalah
1. Peserta didik
membaca pengumuman dalam berbagai sumber.
2. Peserta didik
membacakan contoh-contoh pengumuman dengan nyaring
Melakukan observasi,
peserta didik:
3. Dengan bimbingan
dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri pengumuman (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Merumuskan masalah
4. Peserta didik
merumuskan masalah:
Bagaimana ciri-ciri pengumuman, (fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan) dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang
santun.
5.
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik mempertanyakan antara lain perbedaan antara pengumuman yang ada
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
6. Peserta didik menyatakan dan menanyakan ungkapan
yang digunakan pada pengumuman dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
7.
Peserta didik membandingkan kalimat
yang digunakan dalam pengumuman dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
8. Peserta didik
membandingkan antara kalimat pengumuman dalam bahasa Inggris dengan kalimat
pengumuman dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
9. Peserta didik
menyatakan dan menanyakan tentang kalimat/ungkapan yang digunakan dalam iklan
berbahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
10. Peserta didik
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat
pengumuman dalam jurnal belajarnya.
Menyimpulkan
11. Peserta didik Menjelaskan cara membuat pengumuman secara tertulis
sedangkan peserta didik yang lain menilainya.
|
65 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dipelajari
2. Peserta didik
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3. Peserta didik
melakukan evaluasi pembelajaran.
4. Peserta didik
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5. Peserta didik
menyepakati tugas portofolio yang harus dilakukan berkaitan dengan pengumuman
secara lisan.
|
20 menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Penilaian :
1.
Penilaian
Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
Hasil
penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama
dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menemukan
ide umum dalam teks
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
what is the topic of the
text?
|
Menemukan
pokok pikiran dalam teks
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. What is the main idea of the
text?
|
Menemukan
informasi tertentu dalam teks
Menemukan preference
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Who is
announcement for ?
4. When the
competition will be held?
5. Where does
the competition take place?
|
Membuat
karangan teks deskriptif tentang
lingkungan sekolah
|
Unjuk kerja
|
Keterampilan tertulis
|
6.
Creat announcement about osis
agenda.
|
Pedoman Penskoran
1.
Soal
essay
Diskripsi
|
Skor
|
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap
dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
6
|
Siswa memahaman teks secara akurat, lengkap
dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
5
|
Siswa memahaman teks secara akurat, tidak
lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
4
|
Siswa kurang memahaman teks secara akurat,
lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
3
|
Siswa kurang memahaman teks secara akurat,
tidak lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
2
|
Siswa tidak memahaman teks secara akurat,
tidak lengkap dan tidak memenuhi semua persyaratan yang deperlukan
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
6
|
2.
Soal
nomor 6
No.
|
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
·
Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar;
amat sesuai dengan kutipan.
·
Memahami; luas
dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang
terjabar; kurang terinci.
·
Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27 – 30
22 – 26
17 – 21
13 – 16
|
2.
|
Kosakata dan
Diksi
·
Amat
luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata amat tepat.
·
Luas;
penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·
Terbatas;
kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang
tepat.
·
Seperti
terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18 –20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
|
3.
|
Bahasa
(Tata Bahasa dan Struktur)
·
Amat
menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan
kalimat dan kata-kata.
·
Penggunaan
dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa
mengaburkan makna.
·
Kesulitan
dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang
mengaburkan makna.
·
Tidak
menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22 – 25
18 – 21
11 – 17
5 – 10
|
4.
|
Penulisan
(Ejaan dan Tanda Baca)
·
Amat menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·
Menguasai
kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·
Kurang
menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·
Tidak
menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
5
4
3
2
|
5.
|
Kerapian
·
Terbaca, bersih dan rapi.
·
Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
·
Terbaca,
tidak bersih dan tidak rapi.
·
Tidak
terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
kurang
|
5
4
3
2
|
1.
InstrumenPenilaian
a.
Pertemuan (Format terlampir)
1) Sikap spiritual : Lembar Observasi
2) Sikap social : Lembar Observasi
3) Pengetahuan : isian /jawaban singkat /uraian
4) Keterampilan : Lembar Penilaian Tertulis
2.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial (Format terlampir)
b.
Pengayaan (Format terlampir)
G.
Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
a.
Media : PPT
b.
Alat : Laptop, LCD Projector, Pointer
2. Bahan
3. Sumber Belajar
a. Sudarwati, Th.M, dkk. 2007. Look ahead Book 1. Jakarta:Erlangga.
b. Priyana, joko.
2008. Interlanguage : English for Senior
High school Students X . Jakarta: Pusat Perbukuan
c.
Moch.
Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA Kelas X. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Berau, 15 November 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, Bahasa Inggris
Ali Muttaqin Syuryanto Ma’ruf,
S.P.I
NIP. 1969080419970311003 NIP. 198103212011011003
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran :-
Waktu Pengamatan : -
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Skor 1 jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas
2.
Skor 2 jika menunjukkan
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum konsisten
3.
Skor 3 jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai konsisten
4.
Skor 4 jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan
konsisten
Bubuhkan tanda V pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggug jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1
=
kurang
2
=
sedang
3
=
baik
4
=
sangat baik
Lampiran
1
LEMBAR
PENILAIAN KETRAMPILAN PRAKTIK
No
|
Name
|
Isi
|
Kosakata dan Diksi
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
|
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
|
Kerapian
|
Score
|
|
1.
|
Didik
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Latif
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment