Monday, July 6, 2020

TEKS EKSPOSISI

Berikut ini adalah Pengertian Teks Eksposisi, Struktur Teks Eksposisi, Ciri-ciri Teks Eksposisi dan Contoh Teks Eksposisi

A. Definisi teks eksposisi
Teks Eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu.
Teks Eksposisi memiliki ciri sebagai berikut :
  1. Informasinya disampaikan secara lugas dan baku.
  2. Bersifat objektif dan netral
  3. Penjelasannya disertai data-data yang akurat
  4. Bersifat fakta
B. Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu 
sehingga pengetahuan para pembaca bertambah

C. Struktur Teks Eksposisi
1. Pernyataan Pendapat (Tesis)
Pada bagian ini umumnya memuat penjelasan dari orang lain maupun penulis itu sendiri yang berkaitan dengan topik bahasan teks eksposisi. Pada kebanyakan contoh teks eksposisi, bagian tesis inilah yang menjadi isi teks yang memuat pokok bahasan.

2. Argumentasi.
Bagian ini akan berisi tentang bukti yang memperkuat pernyataan penulis pada bagian tesis. umumnya argumentasi akan disertai dengan bukti bukti dan fakta fakta yang berkaitan langsung  dengan topik permasalahan.

3. Penegasan Ulang Pendapat.
Merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali. Pada bagian ini bisa disematkan hal-hal yang patut diperhatikan atau dilakukan supaya pendapat atau prediksi sang penulis dapat terbukti

Contoh Teks Eksposisi :

Air sungai bermanfaat bagi pengairan sawah dan ladang

Tesis : 
Sungai adalah salah satu kenampakan alam yang ada di muka bumi ini yang memiliki pola aliran air yang beragam, yang bersumber dari mata air dan menuju kelautan, Air sungai sangat bermanfaat untuk persawahan.

Argumentasi :
Air sungai dapat bermanfaat bagi persawahan karena dapat mengaliri kawasan persawahan yang notebanenya membutuhkan kelembapan air yang tinggi, pemanfaatan juga akan maksimal bila dilakukan pengoptimalan pemanfaatan air sungai, seperti pembuatan dam dan irigasi pengairan.

Penegasan Ulang :
Pada intinya semua yang dibutuhkan manusia takkan pernah lepas dari alam, seperti contohnya air sungai yang berguna bagi irigasi dalam pemenuhanm standar kualitas persawahan demi ketercukupannya pangan.


No comments:

Post a Comment