Friday, August 28, 2020

PENINGKATAN KOSAKATA(VOCABULARY) SISWA DENGAN BERMAIN SCRABBLE

 

MENINGKATKAN KOSAKATA (VOCABULARY) SISWA DENGAN BERMAIN SCRABBLE


Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal Kosakata (Vocabulary) salah satunya adalah bermain scrabble. Permainan Scrabble mulanya diciptakan pada tahun 1938 dengan nama "Criss-Crosswords" oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permainan Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tetapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka-teki silang. Permainan tetap menggunakan keping huruf seperti Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekuensi penggunaan huruf berbagai tulisan berbahasa Inggris. Dalam permainan ini siswa bisa membawa kamus untuk memastikan kosakata yang dibuat benar atau salah.

1.      Apa pengertian Kosakata (Vocabulary)

 Kosa kata ( Vocabulary ) adalah salah satu komponen penting dalam pengajaran bahasa Inggris disamping komponen lainnya seperti structure, pronunciation dan intonation. Kosa kata (Vocabulary) memiliki peranan yang sangat penting. apabila seorang siswa lemah dalam penguasaan kosa kata, la akan merasa kesulitan untuk  mengkomunikasikan idenya dengan jelas seperti yang diinginkannya baik secara lisan maupun tulisan. Ia tidak bisa memahami teks baik yang ada pada bahan ajar atau pada surat kabar dan sebagainya. Demikan juga kemampuan dalam menyimak dan membaca akan terkendala dengan penguasaan kosakata yang terbatas Dengan demikian penguasaan vocabulary (kosa kata) merupakan hal yang paling mendasar yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.

Menurut David Wilkins, dikutip Thornbury ( 2002: 13 ) menyimpulkan tentang pentingnya mempelajari vocabulary dengan mengatakan “ Without grammar very little can be conveyed, without vocabulary nothing can be conveyed.” Ia menjelaskan bahwa tanpa ( mengetahui ) grammar, sedikit sekali yang bisa kita ungkapkan, Namun tanpa ( mengetahui ) kosa kata, tidak ada yang bisa kita ungkapkan. Jadi, meski mempunyai grammar yang baik, tapi kemampuan itu akan sia-sia saja jika tidak memiliki cukup penguasaan tentang vocabulary ( kosa kata ). Kalau ingin menguasai Bahasa Inggris maka langkah pertama yang harus dilakukan mengerti berbagai makna kosa kata dalam Bahasa Inggris.

2.      Apa itu Scrabble

Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dapat dimainkan 2 (dua) atau 4 (empat) orang dengan  mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak.


Scrabble merupakan game yang berbasis kata-kata yang paling populer dimainkan di sekolah-sekolah. Permainan ini bisa dimainkan sendiri, berdua ataupun berkelompok. Media yang digunakan adalah papan yang terdiri 225 petak terdiri dari 24 petak DOUBLE LETTER SCORE, 12 petak TRIPLE LETTER SCORE, 17 petak DOUBLE WORD SCORE, 8 petak TRIPLE WORD SCORE dan sisanya adalah petak-petak tanpa nilai. Terdapat Seratus tablet( tile) yang masing-masing bertuliskan satu abjad, setiap huruf memiliki nilai huruf.











Scrabble adalah salah satu contoh media yang terdapat dalam metode permainan Bahasa. Metode permainan bahasa mempunyai keunggulan, yaitu siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengasah keterampilan berbahasa mereka. Sedangkan, media scrabble memiliki keunggulan bahwa setiap pemain dalam permainan ini dipaksa untuk memiliki perbendaharaan kata yang baik

3.      Manfaat Scrabble

 Manfaat Scrabble game  adalah sarana penambah kosa kata dalam Bahasa Inggris khususnya dalam menambah kapasitas kosa kata siswa. Melalui scrabble pembelajaran kosakata berlangsung menyenangkan dan lebih mudah dimengerti karena dimainkan dengan santai dan penuh keakraban. Manfaat lain dari scrabble adalah:

a.       Siswa belajar melafal dengan benar

Bukan cuma kosakata baru yang di dapat siswa, tapi juga cara melafal atau cara baca yang benar

b.      Menyusun strategi cara bermain

Semakin sering siswa bermain scrabble, kemampuan siswa untuk menemukan kata yang ingin dibuat semakin cepat. Di lain waktu, siswa juga akan menggunakan kata-kata yang baru ia kenal. Dengan adanya sistem skor dan bertujuan ingin menang, siswa  dilatih untuk menyusun strategi dengan baik.

c.       Melatih fokus

Bermain papan permainan scrabble dapat melatih pemikiran siswa lebih fokus dan konsentrasi

d.      Bersikap sportif dan jujur

Sebelum bermain, tentu ada aturan yang harus dipatuhi. Hal ini tentu akan melatih siswa untuk menerapkan sikap jujur dan sportif. Bila siswa  kalah, harus lapang dada dan sebaliknya saat menang, tidak sombong atau tinggi hati.

4.      Bagaimana cara bermain Scrabble

Untuk bermain scrabble ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu:

a. Siapkan Papan  scrabble

b.  Siapkan pulpen dan kertas untuk  mencatat skor

c.  Siapkan papan di tengah area bermain

d. Setiap pemain mengambil rak untuk mengatur ubin mereka dan meletakkannya di depan mereka masing-masing

e.   Setiap pemain mengambil 7 ubin dari kantong tas dan memasukkannya ke rak. Pemain yang memiliki ubin paling dekat dengan awal alfabet, dengan kotak kosong sebelum "A", bermain lebih dulu.

f.  Pemain pertama menggabungkan dua atau lebih ubin mereka untuk membentuk kata dan menempatkannya di papan untuk dibaca di seberang atau di bawah dengan satu ubin di kotak tengah (bintang).

g.  Pemain berikutnya meletakkan ubin mereka dalam satu garis kontinu secara horizontal atau vertikal.

h.      Angka kecil di sudut setiap ubin menunjukkan poinnya

i.      Misal kamu punya kata “COME”, jadi point yang kamu dapatkan adalah 8 (dari 3 + 1 + 3 + 1).

j.      Kotak Kuning menggandakan skor huruf, Kotak biru muda melipat-tigakan skor huruf

k.      Kotak merah menggandakan skor kata. Kotak hijau  melipat-tigakan skor kata.

l.      Terakhir, teruslah bermain dan jangan lupa untuk memantau perolehan skor


No comments:

Post a Comment