MENINGKATKAN KOSAKATA (VOCABULARY) SISWA DENGAN BERMAIN SCRABBLE
Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal Kosakata (Vocabulary) salah satunya adalah bermain scrabble. Permainan Scrabble mulanya diciptakan pada tahun 1938 dengan nama "Criss-Crosswords" oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permainan Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tetapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka-teki silang. Permainan tetap menggunakan keping huruf seperti Lexiko yang dibuat berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekuensi penggunaan huruf berbagai tulisan berbahasa Inggris. Dalam permainan ini siswa bisa membawa kamus untuk memastikan kosakata yang dibuat benar atau salah.
1.
Apa pengertian Kosakata
(Vocabulary)
Kosa kata ( Vocabulary ) adalah salah satu komponen penting dalam pengajaran
bahasa Inggris disamping komponen lainnya seperti structure, pronunciation dan intonation. Kosa kata (Vocabulary) memiliki peranan yang sangat penting. apabila seorang siswa lemah dalam penguasaan
kosa kata, la akan merasa
kesulitan untuk mengkomunikasikan idenya dengan jelas seperti
yang diinginkannya baik secara lisan maupun tulisan. Ia tidak bisa memahami teks baik yang
ada pada bahan ajar atau pada surat kabar dan sebagainya. Demikan juga
kemampuan dalam menyimak dan membaca akan terkendala dengan penguasaan kosakata
yang terbatas Dengan demikian penguasaan vocabulary (kosa kata) merupakan hal
yang paling mendasar yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa
inggris.
Menurut David
Wilkins, dikutip Thornbury ( 2002: 13 ) menyimpulkan tentang pentingnya
mempelajari vocabulary dengan mengatakan “ Without grammar very little can be
conveyed, without vocabulary nothing can be conveyed.” Ia menjelaskan bahwa
tanpa ( mengetahui ) grammar, sedikit sekali yang bisa kita ungkapkan, Namun
tanpa ( mengetahui ) kosa kata, tidak ada yang bisa kita ungkapkan. Jadi, meski
mempunyai grammar yang baik, tapi kemampuan itu akan sia-sia saja jika tidak
memiliki cukup penguasaan tentang vocabulary ( kosa kata ). Kalau ingin
menguasai Bahasa Inggris maka langkah pertama yang harus dilakukan mengerti
berbagai makna kosa kata dalam Bahasa Inggris.
2. Apa itu
Scrabble
Scrabble adalah permainan papan dan permainan
menyusun kata yang dapat dimainkan 2 (dua) atau 4 (empat) orang
dengan mengumpulkan poin berdasarkan
nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan
berkotak-kotak.
Scrabble
merupakan game yang berbasis kata-kata yang paling populer dimainkan di
sekolah-sekolah. Permainan ini bisa dimainkan sendiri, berdua ataupun
berkelompok. Media yang digunakan adalah papan yang terdiri 225 petak terdiri
dari 24 petak DOUBLE LETTER
SCORE, 12 petak TRIPLE LETTER SCORE, 17 petak DOUBLE WORD SCORE, 8 petak TRIPLE
WORD SCORE dan sisanya adalah petak-petak tanpa nilai. Terdapat Seratus tablet(
tile) yang masing-masing bertuliskan satu abjad, setiap huruf memiliki
nilai huruf.
Scrabble adalah
salah satu contoh media yang terdapat dalam metode permainan Bahasa. Metode
permainan bahasa mempunyai keunggulan, yaitu siswa dapat bermain sambil
belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengasah keterampilan
berbahasa mereka. Sedangkan, media scrabble memiliki keunggulan bahwa setiap
pemain dalam permainan ini dipaksa untuk memiliki perbendaharaan kata yang baik
3. Manfaat
Scrabble
Manfaat Scrabble game adalah sarana penambah kosa kata dalam Bahasa
Inggris khususnya dalam menambah kapasitas kosa kata siswa. Melalui scrabble
pembelajaran kosakata berlangsung menyenangkan dan lebih mudah dimengerti
karena dimainkan dengan santai dan penuh keakraban. Manfaat lain dari scrabble adalah:
a. Siswa belajar
melafal dengan benar
Bukan cuma kosakata baru yang di dapat siswa,
tapi juga cara melafal atau cara baca yang benar
b. Menyusun strategi
cara bermain
Semakin sering siswa bermain scrabble, kemampuan
siswa untuk menemukan kata yang ingin dibuat semakin cepat. Di lain waktu,
siswa juga akan menggunakan kata-kata yang baru ia kenal. Dengan adanya sistem
skor dan bertujuan ingin menang, siswa dilatih untuk menyusun strategi dengan baik.
c. Melatih fokus
Bermain papan permainan scrabble dapat melatih pemikiran
siswa lebih fokus dan konsentrasi
d. Bersikap sportif
dan jujur
Sebelum bermain, tentu ada aturan yang harus
dipatuhi. Hal ini tentu akan melatih siswa untuk menerapkan sikap jujur dan
sportif. Bila siswa kalah, harus lapang
dada dan sebaliknya saat menang, tidak sombong atau tinggi hati.
4.
Bagaimana cara bermain Scrabble
Untuk bermain scrabble ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu:
a. Siapkan Papan scrabble
b. Siapkan pulpen dan kertas untuk mencatat skor
c. Siapkan papan di tengah area bermain
d. Setiap pemain mengambil rak
untuk mengatur ubin mereka dan meletakkannya di depan mereka masing-masing
e. Setiap pemain mengambil 7 ubin dari kantong tas
dan memasukkannya ke rak. Pemain yang memiliki ubin paling dekat dengan awal
alfabet, dengan kotak kosong sebelum "A", bermain lebih dulu.
f. Pemain pertama menggabungkan dua atau lebih
ubin mereka untuk membentuk kata dan menempatkannya di papan untuk dibaca di
seberang atau di bawah dengan satu ubin di kotak tengah (bintang).
g. Pemain berikutnya meletakkan ubin mereka
dalam satu garis kontinu secara horizontal atau vertikal.
h.
Angka
kecil di sudut setiap ubin menunjukkan poinnya
i.
Misal kamu punya kata “COME”, jadi point yang kamu dapatkan adalah
8 (dari 3 + 1 + 3 + 1).
j.
Kotak
Kuning menggandakan skor huruf, Kotak biru muda melipat-tigakan skor huruf
k.
Kotak
merah menggandakan skor kata. Kotak hijau melipat-tigakan skor kata.
l.
Terakhir,
teruslah bermain dan jangan lupa untuk memantau perolehan skor
No comments:
Post a Comment