Wednesday, September 23, 2020

Manfaat Smartphone dalam Pembelajaran Online

 Manfaat Smartphone  dalam Pembelajaran Online


        Smartphone adalah telepon pintar yang dilengkapi dengan fitur-fitur  canggih yang berkemampuan tinggi seperti halnya komputer. Media Sosial dapat dengan mudah diakses melalui Smartphone untuk internet, chatting dan email. Singkatnya, Smartphone adalah komputer kecil yang memiliki banyak fitur canggih yang diperlukan untuk setiap aktivitas Online. 

        Dalam Pembelajaran Jarak Jauh atau lebih dikenal dengan PJJ, Smartphone menjadi alat belajar yang dipakai siswa bagi yang tidak memiliki perangkat Komputer/PC untuk belajar melalui Video Conference, Mengerjakan dan mengirim tugas. 

        Anak sekarang atau lebih dikenal dengan anak kekinian sudah tidak asing lagi dengan smartphone, bagaimana tidak, keseharian mereka selalu ditemani smartphone dari bangun pagi sampai mau tidur smartphone ada disampingnya bahkan mereka lebih asyk bermain dengan smartphone yang dimilikinya. Dalam Pembelajaran Online ada beberapa  manfaat penggunaan Smartphone  yaitu:

1. Membantu siswa dalam belajar 

Dengan adanya smartphone, para siswa dapat mencari bahan belajar atau materi pembelajaran yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas sekolah dengan mudah tanpa harus pergi ke Warnet

2. Mengakses informasi dengan cepat

Dengan Smartphone siswa dapat lebih mudah membuka berbagai situs, website ataupun Blog untuk menambah pengetahuan yang mereka perlukan. Selain itu mereka tidak ketinggalan informasi terkini yang sedang diperbincangkan atau yang lagi viral

3. Membuat grup Belajar

        Salah satu keunggulan dari Smartphone adalah bisa membuat kelompok belajar antara siswa dengan siswa ataupun Guru dengan siswa yang memungkinkan siswa untuk saling berinteraksi dengan temannya dan berdiskusi dalam mengerjakan tugas. Dalam hal pembuatan grup belajar, Siswa sangat akrab dengan aplikasi Whatsapp (WA) dan Telegram, kedua aplikasi itu yang ramai digunakan walaupun masih banyak aplikasi lain yang serupa.

        Smartphone yang dilengkapi dengan fitur canggih dan aplikasi yang serba ada kadang sangat mengkhawatirkan pihak orang tua dan guru disekolah apabila tidak digunakan secara bijak dan sesuai pemanfaatannya akan disalahgunakan untuk hal-hal yang cenderung negatif dan merugikan. Berikut dampak negatif penggunaan Smartphone bagi siswa:

1. Tidak fokus pada saat belajar

Smartphone dapat mengalihkan konsentrasi siswa saat Pembelajaran, perhatian mereka  lebih tertuju dengan mengecek WA, FB dan  bermain game. Oleh karena itu, Tidak sedikit siswa yang melewatkan pelajaran karena sibuk dengan smartphonenya.

2. Menurunnya Prestasi akademik

Banyak sekali keluhan dari guru-guru disekolah tentang menurunnya prestasi siswa akhir-akhir ini, yang mana  menurunnya prestasi siswa  disebabkan oleh adanya kecanduan  siswa dalam menggunakan Smartphone, kesehariannya diisi dengan bermain game dan Media sosial lainnya sehingga melupakan pelajaran sekolah.

3. Kesehatan terganggu

Terganggunya kesehatan mata adalah salah satu penyebab penggunaan smartphone yang berlebihan, kurang tidur karena menggunakan smartphone sampai larut malam bahkan tidak tidur semalaman karena asyik bermain game.

        Kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia, komunikasi menjadi semakin mudah, mencari informasi lebih cepat dan lebih mempermudah dalam proses  belajar mengajar. Saat tidak dapat bertemu secara langsung kita tetap dapat menjalin komunikasi yang baik dengan Sosial Media yang ada di Smartphone. Adanya fasilitas untuk komunikasi messenger yang bisa digunakan untuk chatting, membuat smartphone banyak diminati tidak hanya kaum muda, tetapi dari kalangan anak-anak dan orang tua. Selain itu, banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan orang lain yang bisa didownload  secara gratis dengan fasilitas yang sangat bagus sebuat saja Whatsapp (WA) dan telegram untuk chatting, mengirim foto,  pesan suara dan panggilan Video. Jadi, penggunaan smartphone dengan bijak dan sesuai porsinya akan mendatangkan banyak manfaat untuk kehidupan yang lebih baik.

      Bagi Orang tua yang anaknya menggunakan smartphone hendaknya dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat mengawasi/mengontrol perilaku anaknya melalui media sosial atau messenger. Orang tua harus mendampingi anak-anaknya dalam aktivitas online dan terlibat di dalamnya. Salah satu caranya adalah mendampingi anaknya saat menggunakan smartphone, proaktif menyanyakan aktivitas apa saja yang sudah dilakukan anaknya, berilah arahan dan masukan agar penggunaannya Smartphone tidak disalahgunakan. Memanjakan anak dengan memberikan Smartphone itu bagus supaya anak tidak ketingalan Zaman atau dibilang Gabtek akan tapi harus dibarengin dengan pendampingan yang serius agar anak tidak terjerumus lebih mengutamakan smartphone daripada belajar.(MR)


No comments:

Post a Comment