Saturday, July 27, 2019
Monday, February 11, 2019
Friday, February 8, 2019
Thursday, February 7, 2019
Monday, February 4, 2019
Wednesday, January 16, 2019
Tuesday, January 8, 2019
Saturday, January 5, 2019
Wednesday, September 12, 2018
PROGRAM SEMESTER 2018/2019 BAHASA INGGRIS
https://drive.google.com/file/d/12w9kYYSrz-r9uoTHPtlpcw-u611I6aMP/view?usp=sharing
RPP BAHASA INGGRIS KELAS X REVISI 2017
https://drive.google.com/file/d/1VMUp02mf6pB_44QO4RVzBrQVXBlf3Zmg/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1vtkJxSTqve3NFjV9oXBSfThCKZs4AWpZ/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1MwK8gXNA8Zi7KciKeNQytlYy2uHgUC3a/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1uz83DbTM0km_eeJFo0AgTi0q4VJ_64mo/view?usp=sharing
Tuesday, November 21, 2017
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                                                TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Nama
Sekolah                                     :   MAN BERAU
Mata
Pelajaran                                  :   Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                                  :   X/ 1
Nilai KKM Mata
Pelajaran               :   73
Kompetensi Inti:
| 
   
KI 1: 
 | 
  
   
Menghayati dan mengamalkan ajaran
  agama yang dianutnya 
 | 
 
| 
   
KI 2: 
 | 
  
   
Menghayati dan mengamalkan
  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
  toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
  sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
  sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
 | 
 
| 
   
KI 3: 
 | 
  
   
Memahami, menerapkan, menganalisis
  dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
  metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,
  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
  menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
  dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
 
| 
   
KI 4: 
 | 
  
   
Mengolah, menalar, menyaji, dan
  mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
  dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
  efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar dan Indikator 
 | 
  
   
Kriteria Ketuntasan Minimal 
 | 
  
   
Nilai KKM 
 | 
  
   
Ket 
 | 
 ||
| 
   
Penetapan Kriteria Minimal 
 | 
 |||||
| 
   
Kompleksitas 
 | 
  
   
Daya Dukung 
 | 
  
   
Intake Siswa 
 | 
 |||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
3.5. Mengevaluasi Teks Anekdot dari Aspek makna   Tersirat 
Ø  Mendata Pokok-pokok isi anekdot 
Ø  Mengidentifikasi kelucuan teks anekdot 
4.5. Mengonstruksi Makna tersirat dalam sebuah baik secara lisan
  maupun tertulis 
Ø  Membandingkan anekdot dengan Humor 
Ø  Menganalisis kritik yang disampaikan
  secara tersirat dalam anekdot 
Ø  Menyimpulkan makna tersirat dari
  anekdot 
3.6    Menganalisis
  struktur dan kebahasaan teks Anekdot 
Ø  Menganalisis
  struktur teks anekdot 
Ø 
  Mengenal berbagai Pola penyajian
  teks anekdot 
Ø 
  Menganalisis kebahasaan teks
  anekdot 
4.6    Menciptakan
  kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik
  secara lisan
  maupun tulisan 
Ø 
  Menceritakan kembali isi anekdot
  dengan pola penyajian yang berbeda 
Ø 
  Menyusun teks anekdot berdasarkan
  kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh public 
 | 
  
   
3 
2 
3 
3 
2 
3 
2 
2 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
78 
67 
78 
78 
67 
78 
67 
67 
78 
67 
 | 
  
   
Nilai
  KKM  
73 
 | 
 
| 
   
3.3   Mengidentifikasi
  Teks eksposisi yang  
       
  didengar  atau yang dibaca 
Ø  Mengidentifikasi
  argumentasi yang digunakan untuk memperkuat tesis/pernyataan pendapat 
Ø 
  Membedakan fakta dan opini dalam
  teks eksposisi 
4.3   Mengembangkan isi teks eksposisi secara
  lisan atau tertulis 
3.4   Menganalisis
  struktur dan kebahasaan teks  Eksposisi 
Ø  Melengkapi tesi
  dengan argument yang mendukung 
Ø 
  Menyampaikan kembali gagasan dalam
  teks eksposisi dengan Bahasa berbeda 
4.4  Mengostruksikan
  teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan 
Ø  Mengungkapkan
  struktur teks eksposisi 
Ø  Membandingkan
  kebahasaan dua teks eksposisi 
 | 
  
   
3 
2 
3 
2 
3 
3 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
78 
67 
78 
67 
78 
78 
 | 
  
   
Nilai
  KKM 74 
 | 
 
| 
   
3.1    Mengidentifikasi
  Laporan hasil observasi   yang
  dipresentasikan dengan lisan dan tulis 
Ø  Mengidentifikasi
  isi teks laporan hasil observasi 
Ø  Menyusun
  ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi 
Ø  Menyimpulkan
  fungsi teks laporan hasil observasi 
4.1    Menginterpretasi
  isi teks laporan hasil  
  observasi baik secara lisan maupun tulisan 
Ø  Melengkapi isi
  teks laporan hasil observasi 
Ø  Membenahi
  kesalahan isi teks laporan hasil  
  observasi 
3.2   Menganalis is isi dan
  aspek  
       
  kebahasaan dari minimal 2 teks  
       
  laporan hasil observasi 
Ø  Menganalisis
  kebahasan teks laporan hasil observasi 
Ø  Membenahi
  kesalahan berbahasa dalam teks laporan hasil observasi 
    4.2  
  Mengostruksi teks laporan hasil  
           
  observasi  dengan  memperhatikan
  isi  
           
  dan aspek kebahasaan  baik secara
   
           
  lisan maupun tulisan 
Ø  Melengkapi
  gagasan pokok dan gagasan penjelas 
Ø  Menyusun teks
  lporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan 
 | 
  
   
3 
2 
2 
3 
2 
2 
2 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
78 
67 
67 
78 
67 
67 
67 
78 
67 
 | 
  
   
Nilai
  KKM 
71 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Nilai KKM Kelas X
  Semester 1 (Ganjil)  =  72,6 
 | 
 |||||
Keterangan:
1)      Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada
semester 1 yaitu 12 KD
2)      Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata
dari indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
3)      Rumus mencari KKM  adalah
rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
4)      Kriteria Ketuntasan Minimal = Kriteria
Ketuntasan Minimal semester 1 yaitu 73
Berau, Juli 2017
                        Mengetahui,                                                     
                                    Kepala
Sekolah,                                                                       Guru Mata Pelajaran,
                        Ali Muttaqin S,
M.Pd                                                  Ma’ruf, S.Pd.I
                        NIP. 196908041997031003                                        NIP.198103212011011003
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
                                                TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Nama
Sekolah                                     :   MAN BERAU
Mata
Pelajaran                                  :   Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester                                  :   XI/ 2
Nilai KKM Mata
Pelajaran               :   75
Kompetensi Inti:
| 
   
KI 1: 
 | 
  
   
Menghayati dan mengamalkan ajaran
  agama yang dianutnya 
 | 
 
| 
   
KI 2: 
 | 
  
   
Menghayati dan mengamalkan
  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
  toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
  sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
  sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
 | 
 
| 
   
KI 3: 
 | 
  
   
Memahami, menerapkan, menganalisis
  dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
  metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,
  kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
  menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
  dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
 
| 
   
KI 4: 
 | 
  
   
Mengolah, menalar, menyaji, dan
  mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
  dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
  efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar dan Indikator 
 | 
  
   
Kriteria Ketuntasan Minimal 
 | 
  
   
Nilai KKM 
 | 
  
   
Ket 
 | 
 ||
| 
   
Penetapan Kriteria Minimal 
 | 
 |||||
| 
   
Kompleksitas 
 | 
  
   
Daya Dukung 
 | 
  
   
Intake Siswa 
 | 
 |||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
3.12 
  Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan
  atau penelitian yang dibaca 
Ø  Mengidentifikasi
  bagian-bagian penting proposal. 
Ø  Menemukan
  informasi yang dibaca untuk dikembangkan menjadi proposal. 
4.12  Melengkapi informasi dalam proposal secara
  lisan supaya lebih efektif  
Ø  Melengkapi isi proposal dari informasi yang dibaca. 
Ø  Menyajikan proposal hasil diskusi. 
3.13  Menganalisis
  isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. 
Ø  Menganalisis isi teks proposal. 
Ø  Menganalisis kaidah kebahasaan teks proposal.  
4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah
  dengan memperhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang
  diperlukan. 
Ø  Menelaah hasil
  proposal. 
Ø  Menyusun
  proposal berdasarkan aspek-aspek penting. 
 | 
  
   
3 
3 
2 
2 
3 
3 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
78 
78 
67 
67 
78 
78 
78 
67 
 | 
  
   
KKM
  74 
 | 
 
| 
   
3.14 Mengidentifikasi informasi,
  tujuan, dan esensi karya ilmiah yang dibaca. 
Ø  Mengidentifikasi
  struktur karya ilmiah yang dibaca. 
Ø  Menemukan
  informasi yang dapat dikembangkan menjadi karya ilmiah. 
4.14  Merancang
  informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah. 
Ø  Menentukan
  informasi penting dalam karya ilmiah. 
Ø  Menyajikan hasil
  karya ilmiah yang telah didiskusikan. 
3.15  Menganalisis sistematika dan kebahasaan
  karya ilmiah. 
Ø  Menganalisis
  sistematika karya ilmiah 
Ø  Menganalisis
  kebahasaan karya ilmiah. 
4.15  Mengonstruksi sebuah karya ilmiah
  dengan  memperhatikan isi, sistematika,
  dan kebahasaan. 
Ø  Mengungkapkan
  informasi berdasarkan isi karya ilmiah. 
Ø  Menulis karya
  ilmiah dengan memperhatikan sistematika dan kebahasaan. 
 | 
  
   
2 
2 
3 
3 
3 
3 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
67 
67 
78 
78 
78 
78 
78 
67 
 | 
  
   
KKM
  74 
 | 
 
| 
   
3.16  Membandingkan isi berbagai resensi untuk
  menemukan sistematika sebuah  resensi. 
Ø  Memahami isi dan
  sistematika resensi. 
Ø  Membandingkan
  isi teks resensi. 
4.16  Menyusun sebuah resensi dengan
  memperhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi. 
Ø  Mengidentifikasi identitas buku yang diresensi. 
Ø  Mengidentifikasi identitas buku yang diresensi. 
3.17 
  Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda. 
Ø  Menganalisis
  kebahasaan dalam teks resensi. 
Ø  Menyimpulkan dua
  teks resensi berdasarkan kebahasaan. 
4.17 
  Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau
  novel yang sudah dibaca. 
Ø  Mendiskusikan
  hal-hal menarik dalam buku kumpulan cerita. 
Ø  Menulis resensi
  dari buku kumpulan cerita. 
 | 
  
   
3 
3 
3 
3 
3 
2 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
78 
78 
78 
78 
78 
67 
78 
67 
 | 
  
   
KKM 75 
 | 
 
| 
   
3.18 Mengidentifikasi
  alur cerita, babak demi babak, dan knflik dalam drama
  yang dibaca ataudi tonton. 
Ø  Memahami
  struktur drama  yang dibaca atau
  ditonton. 
Ø  Mengidentifikasi
  unsur-unsur drama. 
4.18
  Mempertunjukan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara
  lisan. 
Ø  Menelaah
  bagian-bagian penting dalam naskah drama yang dibaca atau
  ditonton. 
Ø  Menampilkan satu
  tokoh dalam drama.  
3.19
  Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. 
Ø  Menganalisis isi
  drama yang dibaca atau disimak. 
Ø  Menganalisis
  kebahasaan dalam drama yang dibaca atau disimak. 
4.19
  Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memperhatikan isi dan
  kebahasaan. 
Ø  Memahami teknik
  dan langkah-langkah pementasan drama. 
Ø  Mendemonstrasikan
  naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan. 
 | 
  
   
3 
2 
2 
2 
3 
2 
3 
2 
 | 
  
   
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
2 
 | 
  
   
2 
3 
2 
3 
2 
3 
2 
3 
 | 
  
   
78 
78 
67 
67 
78 
78 
78 
78 
 | 
  
   
KKM 75 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Nilai KKM Kelas XI
  Semester 2 (Genap)  =  75 
 | 
 |||||
Keterangan:
5)      Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada
semester 1 yaitu 16 KD
6)      Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata
dari indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
7)      Rumus mencari KKM  adalah
rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
8)      Kriteria Ketuntasan Minimal = Kriteria
Ketuntasan Minimal semester 2 yaitu 75
Berau, Januari 2017
                        Mengetahui,                                                     
                                    Kepala
Sekolah,                                                                       Guru Mata Pelajaran,
                        Ali Muttaqin S,
M.Pd                                                  Ma’ruf, S.Pd.I
                        NIP. 196908041997031003                                        NIP.198103212011011003
Subscribe to:
Comments (Atom)
- 
KISI KISI PENULISAN SOAL BAHASA INGGRIS KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Nama Sekolah : MAN TANJUNG RE...
 - 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : MAN TANJUNG REDEB Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS...
 
