PERANGAKAT
PEMBELAJARAN
BAHASA
INDONESIA
MAN
BERAU
Kelas
X
Memuat
Prota
Promes
Silabus
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Program Tahunan
(PROTA)
|
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
|
Kelas : X
|
Tingkat Pendidikan : SMA/MA
|
Tahun
Ajaran : 2017-2018
|
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
(… x JP)
|
Keterangan
|
||
1
|
3.1
Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.2
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal
dua teks laporan hasil observasi
4.1
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.2
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Menyusun
Laporan Hasil Observasi
|
8
|
|
||
Ulangan Harian
|
||||||
1
|
3.3
Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.4
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
4.4
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan
|
Teks
Eksposisi
|
8
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|||||
|
|
|||||
1
|
3.5 Mengevaluasi
teks anekdot dari aspek makna tersirat
3.6 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan
maupun tulis
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan
kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
Teks Anekdot
|
8
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|||||
|
|
|||||
1
|
3.7
Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung
dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
3.8
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat)
yang didengar dan dibaca
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
Hikayat
|
4
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|||||
|
Ulangan Semester 1
|
|||||
2
|
3.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
3.11
Mengevaluasi
pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun
tertulis.
4.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
4.11
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan
isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
Teks
Negosiasi
|
8
|
|
||
|
Ulangan Harian
|
|||||
|
|
|||||
2
|
3.12
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat
3.13
Menganalisis
isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan)
4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan
argumen beberapa pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut
pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat
|
Debat
|
4
|
|
||
|
3.14
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks
biografi
3.15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam
teks biografi
4.14
Mengungkapkan kembali halhal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara
tertulis
4.15
Menceritakan kembali isi teks biografi baik
lisan maupun tulis.
|
Biografi
|
4
|
|
||
|
3.16
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna
beberapa puisi yang terkandung dalam
antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17
Menganalisis
unsur pembangun puisi
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
Puisi
|
4
|
|
||
|
Jumlah 52 JP
|
|||||
|
Ulangan Harian
|
|||||
|
Ulangan Semester 2
|
|||||
Mengetahui, Berau,
Juli 2017
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd Ma’ruf,
S.Pd
NIP. 196908061997031003 NIP. 198103212011011003
Program Semester (PROMES)
|
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
|
Kelas : X/1
|
Tingkat Pendidikan : MA Negeri Berau
|
Tahun
Ajaran : 2017/2018
|
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
4.1
Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.2
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal
dua teks laporan hasil observasi
4.1 Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
4.2 Mengkonstruksi-kan
teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun
tulis
4.3
Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
4.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
4.3 Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan/tulis
4.4 Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
4.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat
4.6 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan
maupun tulis
4.6 Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis
4.7
Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung
dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
4.8
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
4.7 Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8 Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
3.10Menyampaikan
pengajuan,
penawaran,
persetujuan dan
penutup dalam teks
negosiasi secara lisan
atau tulis
3.11Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
4.10Menyampaikan
pengajuan,
penawaran,
persetujuan dan
penutup dalam teks
negosiasi secara l
isan atau tulis
4.11Mengkonstruksikan
teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
Menyusun
Laporan Hasil Observasi
Teks Eksposisi
Teks Anekdot
Hikayat
Teks Negosiasi
|
|
|
|
2
|
2
|
4
|
|
4
|
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.12Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat
3.13Menganalisis isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan)
4.12Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat
4.13Mengembangkan
permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat
3.14
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks
biografi
3.15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam
teks biografi
4.14
Mengungkapkan kembali halhal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara
tertulis
4.15
Menceritakan kembali isi teks biografi baik
lisan maupun tulis.
3.16
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna
beberapa puisi yang terkandung dalam
antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17
Menganalisis
unsur pembangun puisi
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
Debat
Biografi
Puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Ulangan Semester 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui, Berau, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd Ma’ruf,
S.Pd
NIP. 196908041997031003 NIP.198103212011011003
Program Semester (PROMES)
|
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
|
Kelas : X/2
|
Tingkat Pendidikan : SMA/MA
|
Tahun
Ajaran : 2014/2015
|
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan maupun tulisan.
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5
Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Pemodelan Teks Anekdot
· Membaca Teks
Anekdot Berjudul “Membuat Undang-Undang”
· Menemukan
Unsur-Unsur Teks Anekdot
· Membedah
Struktur Teks Anekdot
· Membaca Teks
Anekdot Berjudul “Saya Datang”
· Membuat Dialog
Berdasarkan Teks Anekdot
Kegiatan
Pembelajaran 2: Menyusun Teks Anekdot dengan Kerja Sama
· Menulis Ulang
Teks Anekdot
· Mengidentifikasi
Pelaku dalam Teks Anekdot
· Membaca Teks
Anekdot dalam Bentuk Puisi
· Membuat Drama
Berstruktur Teks Anekdot
Kegiatan
Pembelajaran 3: Menyusun Teks Anekdot dengan Mandiri
· Mencari Contoh
Teks Anekdot dari Berbagai Sumber
· Membuat Teks
Anekdot tentang Pelayanan Publik
· Membuat Teks
Anekdot dalam Bentuk Monolog
· Berdialog dengan
Menggunakan Teks Anekdot
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan.
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
3.2
Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4
Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2
Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5
Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1: Pemodelan Teks Negosiasi
· Pengertian dan
Cara Melakukan Negosiasi
· Mengidentifikasi
Tujuan dan Menjawab Pertanyaan Isi Teks Negosiasi
· Menerapkan
Ungkapan Khas dalam Teks Negosiasi
· Mengidentifikasi
Struktur dalam Negosiasi
Kegiatan
Pembelajaran 2: Menyusun Teks Negosiasi dengan Kerja Sama
· Memahami Dialog
Negosiasi antara Penjual dan Pembeli
· Menyusun Kembali
Teks Negosiasi
· Membaca Teks
“Meity Amelia: Pengusaha Sukses Berawal dari Hobi”
· Bernegosiasi
melalui Surat Penawaran
· Memahami
Hambatan dalam Teks Negosiasi
Kegiatan
Pembelajaran 3: Menyusun Teks Negosiasi dengan Mandiri
· Menanggapi Isi
Negosiasi
· Bernegosiasi
dengan Pengusaha
· Bernegosiasi
untuk Memecahkan Konflik
· Membuat Teks
Negosiasi tentang Rintisan Kerja Sama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Tengah Semester 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan.
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2
Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5 Mengonversi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam
bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
Kegiatan
Pembelajaran 1:
Pemodelan
Berbagai Jenis Teks
· Membandingkan
Teks Laporan dengan Teks Deskripsi
· Mengubah Teks
Laporan menjadi Teks Prosedur Kompleks
Kegiatan
Pembelajaran 2: Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema dengan Kerja
Sama
· Menghadapi Teks
Eksposisi dari Dua Sisi
· Memecahkan
Persoalan dalam Teks Eksposisi
Kegiatan
Pembelajaran 3: Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema dengan Mandiri
· Menemukan Teks
Anekdot dalam Fenomena Sosial dan Budaya
· Memanfaatkan Informasi
· Mempraktikkan
Prosedur Menerapkan Resep Makanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Ulangan Semester 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui, ..............,
..........................................
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________ ______________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment