Tuesday, November 21, 2017

PROSEM









PERANGAKAT PEMBELAJARAN


BAHASA INDONESIA


MAN BERAU
Kelas

X







Memuat
   Prota
   Promes
   Silabus
   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
















Program Tahunan (PROTA)


Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas                    : X
Tingkat Pendidikan    : SMA/MA
Tahun Ajaran    : 2017-2018

Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
(… x JP)
Keterangan

1
3.1    Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
3.2    Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
4.1    Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.2    Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.








Menyusun Laporan Hasil Observasi







8



Ulangan Harian

1
3.3    Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.4    Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi

4.3    Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
4.4    Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan








Teks Eksposisi

















8



Ulangan Harian




1
3.5  Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat
3.6   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.5  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
4.6  Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis


Teks Anekdot


8


Ulangan Harian




1
3.7    Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
3.8    Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
4.7    Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8    Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.






Hikayat





4


Ulangan Harian


Ulangan Semester 1

2
3.10  Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
3.11  Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.

4.10  Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
4.11  Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan







Teks Negosiasi










8



Ulangan Harian




2
3.12  Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat
3.13  Menganalisis  isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)

4.12  Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
4.13  Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat







Debat






4



3.14  Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
3.15  Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi

4.14  Mengungkapkan kembali halhal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis
4.15  Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis.





Biografi




4



3.16  Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17  Menganalisis  unsur pembangun puisi

4.16   Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17  Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)








Puisi








4



Jumlah 52 JP


Ulangan Harian


Ulangan Semester 2









        Mengetahui,                                                                                                            Berau, Juli 2017
        Kepala Sekolah                                                                                                      Guru Mata Pelajaran



        Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd                                                                            Ma’ruf, S.Pd
       NIP. 196908061997031003                                                                                 NIP. 198103212011011003

Program Semester (PROMES)


Mata Pelajaran                  :Bahasa Indonesia
Kelas                 : X/1
Tingkat Pendidikan            : MA Negeri Berau
Tahun Ajaran  : 2017/2018

Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember

1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
4.1    Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.2    Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
4.1    Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
4.2    Mengkonstruksi-kan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis


4.3    Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
4.4    Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi

4.3    Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
4.4    Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan


4.5  Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat
4.6   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.5  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
4.6    Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis

4.7    Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
4.8    Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

4.7    Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
4.8    Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.

3.10Menyampaikan  
       pengajuan, 
       penawaran,
       persetujuan dan
       penutup dalam teks
       negosiasi secara lisan
       atau tulis
3.11Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.

4.10Menyampaikan
       pengajuan,
       penawaran,
       persetujuan dan
       penutup dalam teks
       negosiasi secara l
        isan atau tulis
4.11Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan


Menyusun Laporan Hasil Observasi

























Teks Eksposisi
























Teks Anekdot

















Hikayat


















Teks Negosiasi









2



2



4


























































































4
























































































4



























































4

































































































































































































4


















































































































4





















































































































































4
















































































































































































































































4









































































































4


















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ulangan Harian



























3.12Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat
3.13Menganalisis  isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)

4.12Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
4.13Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat

3.14  Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
3.15  Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi

4.14  Mengungkapkan kembali halhal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis
4.15  Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis.

3.16  Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
3.17  Menganalisis  unsur pembangun puisi

4.16   Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.17  Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)






Debat


















Biografi















Puisi





































































4

































































4






















































































4







































































































Ulangan Harian



























Ulangan Semester 1


























































        Mengetahui,                                                                                                                                                                  Berau, Juli 2017
        Kepala Sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran




        Ali Muttaqin Syuryanto, M.Pd                                                                                                                                  Ma’ruf, S.Pd
NIP. 196908041997031003                                                                                                                                      NIP.198103212011011003
















Program Semester (PROMES)


Mata Pelajaran                  :Bahasa Indonesia
Kelas                 : X/2
Tingkat Pendidikan            : SMA/MA
Tahun Ajaran  : 2014/2015

Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.2    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.1    Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2  Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3  Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4  Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1    Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2    Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3    Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4    Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5    Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks

Kegiatan Pembelajaran 1: Pemodelan Teks Anekdot
·       Membaca Teks Anekdot Berjudul “Membuat Undang-Undang”
·       Menemukan Unsur-Unsur Teks Anekdot
·       Membedah Struktur Teks Anekdot
·       Membaca Teks Anekdot Berjudul “Saya Datang”
·       Membuat Dialog Berdasarkan Teks Anekdot

Kegiatan Pembelajaran 2: Menyusun Teks Anekdot dengan Kerja Sama
·       Menulis Ulang Teks Anekdot
·       Mengidentifikasi Pelaku dalam Teks Anekdot
·       Membaca Teks Anekdot dalam Bentuk Puisi
·       Membuat Drama Berstruktur Teks Anekdot


Kegiatan Pembelajaran 3: Menyusun Teks Anekdot dengan Mandiri
·       Mencari Contoh Teks Anekdot dari Berbagai Sumber
·       Membuat Teks Anekdot tentang Pelayanan Publik
·       Membuat Teks Anekdot dalam Bentuk Monolog
·       Berdialog dengan Menggunakan Teks Anekdot


























Ulangan Harian

























1.1    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.4    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan. 
3.1    Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2    Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3    Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4    Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1    Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2    Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3    Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4    Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5    Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Kegiatan Pembelajaran 1: Pemodelan Teks Negosiasi
·       Pengertian dan Cara Melakukan Negosiasi
·       Mengidentifikasi Tujuan dan Menjawab Pertanyaan Isi Teks Negosiasi
·       Menerapkan Ungkapan Khas dalam Teks Negosiasi
·       Mengidentifikasi Struktur dalam Negosiasi


Kegiatan Pembelajaran 2: Menyusun Teks Negosiasi dengan Kerja Sama
·       Memahami Dialog Negosiasi antara Penjual dan Pembeli
·       Menyusun Kembali Teks Negosiasi
·       Membaca Teks “Meity Amelia: Pengusaha Sukses Berawal dari Hobi”
·       Bernegosiasi melalui Surat Penawaran
·       Memahami Hambatan dalam Teks Negosiasi

Kegiatan Pembelajaran 3: Menyusun Teks Negosiasi dengan Mandiri
·       Menanggapi Isi Negosiasi
·       Bernegosiasi dengan Pengusaha
·       Bernegosiasi untuk Memecahkan Konflik
·       Membuat Teks Negosiasi tentang Rintisan Kerja Sama


























Ulangan Tengah Semester 2

























1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi.
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
2.4    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1    Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.2    Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
4.3    Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4    Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
4.5    Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Kegiatan Pembelajaran 1:
Pemodelan Berbagai Jenis Teks
·       Membandingkan Teks Laporan dengan Teks Deskripsi
·       Mengubah Teks Laporan menjadi Teks Prosedur Kompleks


Kegiatan Pembelajaran 2: Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema dengan Kerja Sama
·       Menghadapi Teks Eksposisi dari Dua Sisi
·       Memecahkan Persoalan dalam Teks Eksposisi

Kegiatan Pembelajaran 3: Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema dengan Mandiri
·       Menemukan Teks Anekdot dalam Fenomena Sosial dan Budaya
·       Memanfaatkan Informasi
·       Mempraktikkan Prosedur Menerapkan Resep Makanan


























Ulangan Harian

























Ulangan Semester 2






















































        Mengetahui,                                                                                                                                                  .............., ..........................................
        Kepala Sekolah                                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran




        ________________________                                                                                                                        ______________________________
NIP.                                                                                                                                                                NIP.







No comments:

Post a Comment